Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan - Bagi para wanita yang sudah melahirkan biasanya mengalami kerontokan pada rambut mereka, itu disebabkan mungkin karena perubahan hormon atau faktor kelelahan agar lebih jelas berikut ini beberapa penyebab kerontokan rambut bagi para wanita yang sudah melahirkan serta dengan cara mengatasinya, Padahal, perubahan hormonal dan fisik masih terjadi sampai beberapa bulan berikutnya. Salah satu contoh perubahannya adalah rambut rontok pasca melahirkan yang bisa terjadi selama tiga sampai enam bulan setelah melahirkan.

Setelah semua usaha dan kejutan yang terjadi selama kehamilan, melahirkan, dan periode awal bayi lahir, para ibu sangat berharap bahwa mereka telah melewati klimaksnya. Sebagai akibatnya, mereka akan sangat terkejut ketika mereka menemukan tumpukan rambut di tangan mereka saat mereka keramas, rambut yang ikut terguyur air saat menggunakan shower atau sisir rambut yang dipenuhi oleh ribuan helai rambut.

Perubahan hormonal saat kehamilan membuat rambut anda tampak lebih cantik. Rambut menjadi lebih berkilau, lebih halus, lebih tebal. Ujung rambut tidak bercabang. Rambut tidak rontok. Bahkan warna rambut juga bisa berubah. Rambut yang lurus bisa menjadi bergelombang atau rambut bergelombang bisa menjadi lurus. Wanita biasanya kehilangan 100 helai rambut tiap harinya. Semua rambut tersebut tidak rontok selama masa kehamilan. Umumnya antara 3 sampai 6 bulan setelah melahirkan anda akan menemukan jumlah rambut yang rontok bertambah – bahkan kadang anda akan menemukan rambut rontok sebanyak satu genggaman tangan !

Apa Yang Menyebabkan Rambut Rontok Pasca Melahirkan?

Siklus pertumbuhan rambut yang normal dibedakan dalam dua fase – fase pertumbuhan dan fase istirahat. Siklus pertumbuhan berlangsung selama 3 tahun dan fase istirahat berlangsung sekitar 3 bulan. Durasi ini sangat berbeda-beda dari satu orang ke orang yang lainnya. Umumnya 85-95% rambut masih dalam fase pertumbuhan. Selama masa istirahat, rambut akan berada di folikel sampai rambut tersebut didorong keluar oleh rambut baru yang tumbuh. Akan tetapi, selama kehamilan, hormon merangsang pertumbuhan rambut dan persentasenya.

Dengan adanya proses kelahiran, lebih banyak jumlah rambut-rambut yang memasuki fase istirahat dan rambut-rambut tersebut akan terdorong keluar antara 3 sampai 6 bulan setelah melahirkan. Kebanyakan wanita akan mendapatkan siklus pertumbuhan rambut yang normal kembali 6 – 12 bulan setelah melahirkan.

Tips untuk merasa nyaman dengan rambut anda

    Cobalah gaya rambut yang bagus
    Cobalah beberapa gaya yang berbeda
    Gunakan shampoo dan kondisioner yang baik kualitasnya
    Coba gunakan produk berbeda yang akan membuat rambut anda mengembang
    Hindari menggunakan sikat atau sisir rambut yang akan menarik dan menekan rambut
    Konsumsi protein yang cukup dan minum suplemen vitamin

Nutrisi untuk Kesehatan Rambut

    Biotin : daging, kacang kering, biji-bijian
    B6 : daging, kacang-kacangan, biji-bijian
    Asam omega 3 : salmon, biji-bijian, kacang makadamia, kenari
    Tembaga : biji-bijian, buah kering, almon, sayuran
    Zinc : biji-bijian, sayuran, daging, makanan laut

Jika anda termasuk dalam 50 persen wanita yang mengalami hal ini, ingatlah bahwa hal ini hanyalah bersifat sementara saja dan kabar baiknya adalah setiap ada rambut yang rontok, akan ada rambut baru yang tumbuh.


Nah itulah beberapa penjelasan tentang rambut rontok yang terjadi pada wanita setelah melahirkan, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda khususnya ibu hamil yang akan melahirkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.